Kemarau Panjang

Bulan April telah berlalu, meski berisi 30 hari saja tapi telah mengukir banyak sejarah di dalamnya. Salah satunya adalah boyongan (baca: evakuasi) dari Jakarta ke kampung halaman. Sementara aku menjalani penugasan ke Bontang, Kaltim. Banyak hal baru ku peroleh di tahun 2014 ini baik gembira ataupun nestapa. Kabar baiknya, bulan april ini masih banyak hujan turun ini menggambarkan kemurahan Allah kepada hamba-Nya yang masih menggantungkan hidup dari curah hujan, dialah para petani yang dari kerja keras mereka makanan sehari-hari tersaji. 

Akhirnya pada hari Jumat tanggal 25 April aku singgah di Jakarta, dan berijbaku dengan pindahan barang-barang yang hampir 15 tahun lebih menemaniku di Jakarta, kota yang semakin semrawut. Di saat yang sama, terjadi kebakaran hebat tidak jauh dari lokasi tempat tinggalku, pasar Senen. Mampir ke kantor sebentar sekedar penyelesaian administrasi, dilanjutkan perjalanan ke J.lo (jenifer lopez, Jambenom Lor), perlu menempuh 2 hari untuk perjalanan Bontang ke J.Lo, dan sesampai di rumah lereng hutan pinus, semua lelah dan capek hilang seketika. Dan cutilah kemudian 7 hari....

Awal Mei, Jumat tgl 2 kembali meninggalkan kampung halaman menuju ke Borneo, tidak via Jakarta. Aku lewat Jogja, kupakai kereta dari Purwokerto. Dari  stasiun Jogja ke Bandara Adi Sucipto cukup ditempuh selama 30 Menit pakai taxi.  Pesawat berangkat pukul 08:30... sleberrrrrr sampai di Balikpapan pukul 11:00 Wita. 

Di bumi kalimantan terlihat seperti kemarau panjang, panas dan gersang di kanan kiri jalan. Aku memandang dengan tatapan kosong dari balik mobil travel. Wajah-wajah berseliweran ada yang tersenyum, ada yang melambai, ada yang tengah sedih, ada yang datar. 

Kemarau panjang bisa menjadi kebaikan, kita akan tahu cara menghargai setetes air. Bila tidak kujumpai air setetespun, akan kugali sumur ke kedalaman, keletihan karenanya musnah oleh air yang membuncah.
Dan bila musim hujan, maka banyak yang tidak mengerti kegunaan air bahkan banyak yang mengumpat karenanya. Maka, kemarau 7 tahun akan lupa seketika, hanya karena guyuran hujan 7 jam saja.