Dapur Picu Insomnia

Tak dapat tidur dan begadang adalah dua hal yang berbeda, tapi mirip. Sungguhpun mirip sebenarnya ia tidaklah sama. Tidak bisa tidur bisa dikarenakan banyak faktor tapi kalau begadang biasanya disengaja untuk tidak tidur karena suatu hal.
Anehnya, kalau begadang rasa kantuk sering tidak dapat dicegah. Tapi kalau sengaja tidur dan tidak kunjung bisa tidur, maka aku yakin itu pasti masalah. Bang Haji Rhoma telah menciptakan lagu sejak jaman kolobendo, yaitu Begadang dan tak bisa tidur. Di lagu begadang merupakan anjuran agar tidak sering dilakukan karena merusak kesehatan darahpun berkurang, katanya. Tapi kalau di lagu tak dapat tidur digambarkan Rhoma muda sedang kasmaran dan bertandang ke rumah kekasihnya yang sama-sama (kebetulan) tidak bisa tidur. Romantisme terjadi kala tidak bisa tidur dipicu oleh kerinduan.

Kalau kasus ini jauh dari itu semua. sungguh..
Jadi aku itu sebetulnya bersifat blubuh (mudah mengantuk) dengan syarat kelelahan itu saja. Jadi kalau sabtu dan minggu tidak bekerja, pun tidak pula jalan ke sana kemari membuang energi dipastikan itu selalu terulang disetiap minggu malam. Kupikir jam 23.00 saat-saat kritis tiba dengan mata berat, tapi tidak juga hingga terus di tiap jam berikutnya masih tidak kunjung hadir rasa kantuk.
Menghitung domba, menggiring ayam, bahkan membayangkan indahnya cakrawala di Sanur tak mampu mengundang rasa kantuk. Lalu tadi malam menjadi malam yang ke sekian kalinya aku bisa menyaksikan pergantian pagi di ufuk timur.

Dapur picu insomnia: me Ram: 5watt