November dan Terminologinya

1 Nopember adalah hari ke 306 dalam tahun kabisat yang artinya hari ini adalah bumi telah mengitari matahari 306 kali. Dia juga merupakan bulan pengemban bontot atau bulan ke 11 dari jumlah 12 bulan dalam setahun. Sejak dulu saat aku memiliki kesadaran sekira umur 7 tahun teringat jelas kalau bulan Nopember ini sebagai patokan para petani dan peladang untuk menetapkan awal musim tanam.

Jamur tumbuh dimana-mana dan bermacam-macam, seperti jamur sempagi berbentuk kecil warna putih kecoklatan biasanya tumbuh di sepanjang jalan yang teduh. Jamur wulan, seperti payung berdaun lebar bertangkai besar, biasanya tumbuh di bawah pohon atau tempat rindang di kebun-kebun. Jamur-jamur itu buat gizi dan protein warga yang disediakan oleh alam setelah sekian lama kemarau. Jamur diciptakan untuk orang-orang di desa yang tidak sanggup membeli sumber pangan bergizi. 

Malam tiba, ada laron sore sumber protein hewani yang lezat dan dari alam, bagi yang tidak menyukainya bisa untuk pakan ayam atau ternak ikan. Benih palawija disiapkan untuk ditanam di ladang yang gembur empuk, dimana tanah yang mengalami kekeringan dan disiram hujan dan didiamkan beberapa minggu lalu ia akan melar dan subur untuk menerima benih apapun. Benih yang usahakan  para petani maupun dari alam yang terbawa angin.

Begitu banyak romantisme hadir di bulan ini, terbukti dari berbagai judul lagu yang bertajuk November ini. Bukan itu saja, musim sebar undangan pernikahan juga lazim dilakukan di bulan ini, karena musim hujan itu konon masa paling subur bagi wanita.