Ekuin

 Jakarta, 16 Sep 2020

Pandemi covid telah berlangsung lebih hampir 10 bulan. Semua sektor hampir semua terpukul imbas telak langsung terhadap ketahanan ekonomi.

Dan lupakan saja itu semua, mari membayangkan ini dunia baru dan mulai dari hal yang kecil. Sebuah dusun di tengah danau. Semua anggaplah dari nol, kenapa? aku mau menggambarkan bagaiman ekonomi tercipta, sehingga punya tujuan yang jelas dan dengan bangunan yang kokoh dan fundamental.

Kenapa harus ada ekonomi? apakah itu melulu uang? dan aku bukanlah ahli dibidangnya tapi bolehlah mengutarakan pendapat dan isi kepala yang sangat ruwet ini. 

Penduduk dusun terdiri dari 100 orang, dengan 1 orang kepala dusun dibantu hulubalang berjumlah 5 orang, 20 orang lainya sebagai polisi dan tentara. 10 orang lagi sebagai tokoh adat sekaligus sebagai pembina atau dewan. Masyarakat kecil ini tiba-tiba ada di pulau tersebut, dan system sudah terbangun sebagaimana mestinya. Belum ada uang dan belum ada barang. Pertama hal yang mereka butuhkan adalah makanan, sandang, dan tempat tinggal. Inilah pertama kalinya roda ekonomi menggeliat. Ada permintaan, tapi belum ada suply/penyedia barang. Mereka sepakat membuat alat tukar dan membangun pasar. Semua orang diberikan koin masing-masing 10 koin. 

Kegiatan masyarakat dimulai, ada yang membuat makanan, ada yang berburu, ada yang membuat pakaian. Semua potensi warga dikerahkan sesuai bidang dan kemapuan masing-masing. Satu tahun berlalu, penduduk bertambah 100 orang. Mereka mulai memikirkan tempat baru, yaitu dengan cara menyebrang ke pulau lainya, maka industri tercipta. Ada yang membuat bahtera, juga ada yang membuat galangan. Semua berperan, dan semua kebagian rejeki. Tidak ada yang sangat kaya dan tidak ada yang sangat miskin. Pemerataan disetup dari awal, sepertinya berhasil.

Maka jika kondisi pandemi ini dirasa seperti kolaps dan semua pesimistis, adalah bagiku sangat tidak masuk akal. Harusnya saat ini kita gunakan sebagai moment yang tepat untuk re-set dan dimulai dari awal. Agar saling membutuhkan kembali dirangsang demi menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih luas dan berkesinambungan. 

mumet...