Fatwa ngeflay coy...

Hujan lebat di akhir Agustus, hal yang tidak biasa. Tapi kalau yang Maha Kuasa menghendaki adalah hal yang mudah bagi Dia. Padahal barusan panas menyengat, bukan masalah, Mas.. itu kecil bagi-Nya. Dengan dimurahkanya hujan tahun ini jangan-jangan tahun depan makin jarang hujan, Seperti kisah mimpi Nabi yusuf itu, yang 7 sapi gemuk memakan 7 sapi kurus. Entahlah...

Tapi hari ini ada berita yang dapat kubaca tentang seorang yang rupawan sohor dengan padepokan Brajamusti diciduk polisi karena positif memakai Narkoba, kepemilikan senjata api, dan binatang piaraan yang dilindungi. Awam akan mudah menilai, tuh kan.. ternyata... makanya mendingan keliatan beringas, begajulan tapi alim daripada citra alim dengan sebutan predikat mentereng. Membenarkan hal lain dari kejadian demi kejadian sudah menjadi hal yang mudah kita jumpai. Atau lebih baik pemimpin non muslim dari pada muslim tapi bejat. Jadi untuk menjadi panutan itu bukan hal mudah. Coba dan goda tidak datang sendirian tapi biasa bergerombol mulai dari godaan wanita, kenikmatan duniawi, kemudahan financial. Agar apa? supaya tiap kata-kata yang keluar itu enteng dan mudah diikuti oleh orang yang yakin kepadanya. 

Tulisan ini tidak akan rinci menggambarkan sosok ini, karena aku juga kata berita. Anu jere adol ndean. Dapat kutarik titiknya adalah bahwa prediksi 15 abad silam bahwa akan ada masa dimatikanya para ulama, maka yang terjadi panutanya tak lagi orang berilmu tapi orang yang berfulus. Orang berilmu biasanya terlihat melasi, tapi orang banyak duit biasanya terlihat keren dan berwibawa. Maka kebanyakan dari kita pasti maklum jika orang berfulus cenderung banyak pengikutnya. Tapi jangan seneng dulu, coy.. ngikutnya kalau lagi ada manisnya doang. Giliran pait, ramai-ramai exodus mencari panutan lain yang lebih parlente.

Sekarang siapa lagi yang kita panuti man? 
ya belajar sendiri lah kita berpegang Al-Quran dan Sunnah,..   
Gayamu, ji... susah itu, harus ada yang nuntun. Perlu guru

Tapi kalau guru spiritual kenapa rata-rata berwajah rupawan dan digandrungi artis?

Mukidi bukan artis, tapi sudah mulai terkenal... 
tokoh virtaual ini mulai ramai diperbincangkan. Jadi inget temanku, Nedjo sang rimba itu...

Susah-susah nulis sebetulnya apa gunanya ya?
Pak Harto sukses memimpin RI tapi yang nulis biografinya orang lain
Steve Jobs, pencetus tekhnologi diluar batas juga gak pernah bilang suka nulis
apalagi bill gates... 

Kapan ya aku akan berhenti menulis...
ora mutu orapa