Daftar agenda

gambar: google
Lama nggak bertemu anggota keluarga seringkali menimbulkan berbagai macam cerita baik keluhan maupun cerita lucu dari sang Istri. Lebih banyak mendengarkan daripada menimpali, kupastikan seluruh luapan tercurahkan di ujung telfon. Saat kami ngobrol tak jarang ibunya menghardik anak-anak yang sedang bercanda dengan suara gaduh. Tak perlu itu kau hardik-hardik, masa-masa ceria seperti itu tidaklah lama, mungkin mereka sedang sengaja menunjukan suara-suara ceria sampai ke telinga bapaknya, biar saja...pintaku. 

Telah beberapa kali kususun agenda pertemuan atau rapat keluarga dan ketika pulang semua menguap karena terhanyut suasana di sana. Beberapa yang kuingat biasanya kusampaikan saat setelah shalat berjamaah, atau setelah makan bersama. Kebiasaan ini kubangun agar tercipta komunikasi di antara kami, setiap ada masalah harus terungkap tidak ada yang boleh menyimpanya. Masing-masing ada porsinya untuk dilibatkan dalam diskusi. Memang lebih banyak ke si sulung yang sering bermasalah terhadap sikapnya yang terlalu cuek. Kutanamkan nilai-nilai yang kuperoleh dari tempat kerja maupun kisah teman-teman. Karena beda manajamen beda pula kepemimpinan, pola kerja, dan gaya komunikasipun. Aku terobsesi menanamkan gaya kepemimpinan kepada si sulung agar kelak sebagai lelaki bisa bijak mengambil keputusan dan punya banyak referensi sejak usia dini. Apa saja itu?
- Memulai/inisiatif
- Mendorong/Motivasi
- Pembinaan
- Evaluasi
- Membuat keputusan

Apa yang di sekolah lakukan, lakukanlah juga di rumah. Ajak main adik-adiknya, bukan hanya belajar dan istirahat. Berikan contoh yang terbaik, karena seorang pemimpin akan selalu diikuti oleh bawahanya, adik-adiknya. Menguapmu akan menjadi acuan buat mereka, cara bicara, cara berjalan dan bersikap kepada orang tua, sangat akan diserap oleh mereka.

Semua rencana agenda meeting keluarga musti dicatat bro, biar nggak menguap saat sudah tiba di Rumah, Dan disitulah letak kepemimpinan diuji, apakah akan larut atau akan tetap menjalankan rencana penting sebagai suatu hal komitmen pribadi. 

Merubah tabiat dan mental seseorang itu bukan pekerjaan mudah, tetapi harus tekun dijalankan agar tidak satu orang saja yang terkena dampak positifnya, namun akan menular kepada seluruh anggota keluarga.